Adsense Camp

Tuesday, February 3, 2009

Invertebrata Air Tawar

Banyak penghoby akuarium memutuskan untuk mengganti hewan peliharaan mereka, dari yang biasanya memelihara ikan kini mencoba berbagai jenis hewan yang tidak bertulang belakang (invertebrata) yang lain. Ketika banyak orang yang berpikir untuk memelihara invertebrata ke dalam akuarium, mereka biasanya kesulitan dalam menentukan jenis hewan yang cocok dan indah. Padahal ada banyak jenis hewan tidak bertulang belakang yang cocok untuk akuarium air tawar, misalnya lobsters air tawar, udang windu, udang galah, keong emas, kura-kura dan jenis hewan lainnya. 

Kebanyakan invertebrata air tawar juga sangat fungsional, mereka umumnya memiliki kecenderungan untuk memakan detritus dan lumut yang menempel pada dinding akuarium. Mereka dianggap sama dengan seorang petugas jaga rumah; karena mereka dapat membantu Anda dalam menjaga akuarium anda agar tetap bersih, jernih, dan sehat. 

Kebanyakan invertebrata termasuk omnivora atau pemakan segala jenis makanan, oleh karena itu harus diimbangi dengan diet yang seimbang. Mereka membutuhkan lingkungan yang bersih, airnya jernih serta oksigen terlarut yang cukup dan stabil. Tabiat dari invertebrata ini bermacam-macam, mulai dari yang tenang hingga ke semi agresif, akan tetapi hal ini seharusnya tidak akan menimbulkan masalah jika berada dalam tempat yang benar dan sesuai dengan kondisi lingkungan akuariumnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hindari meletakkan organisme dalam akuarium yang mungkin berakhir dengan kematian. 

Perlu diingat bahwa invertebrata yang tenangpun bahkan dapat menjadi agresif dalam situasi terpencil atau dalam keadaan tertentu. Faktor yang berkontribusi terhadap perilaku agresif termasuk diantaranya ; stres, lingkungan yang tak sesuai, ataupun kurang gizi. Namun, jika anda peduli terhadap invertebrata dan akuariumnya semestinya kesempatan untuk timbul masalah jadi berkurang. 

Invertebrata tidak hanya peka terhadap kualitas air, mereka juga seringkali rentan terhadap obat-obatan yang mungkin Anda berikan untuk ikan. Mereka sangat peka terhadap tembaga atau tembaga derivatif yang mungkin dimasukkan ke dalam akuarium untuk melawan penyakit ataupun parasit ikan.

No comments:

Post a Comment